PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Minggu, 12 Desember 2010

PENGARUH KB SUNTIK TERHADAP PERUBAHAN BERAT BADAN

Dr. Suparyanto, M.Kes

PENGARUH KB SUNTIK TERHADAP PERUBAHAN BERAT BADAN

PENGERTIAN BERAT BADAN
  • Berat badan merupakan ukuran antropometri yang terpenting yang digunakan sebagai ukuran laju pertumbuhan fisik, disamping itu berat badan digunakan sebagai ukuran perhitungan dosis obat dan makanan. Berat badan menggambarkan jumlah dari protein, lemak, air, dan mineral pada tulang.
  • Berat badan merupakan pilihan utama karena berbagai pertimbangan (Supariasa, 2003:56) yaitu parameter yang baik, mudah terlihat perubahan dalam waktu singkat karena perubahan-perubahan konsumsi makanan dan kesehatan.

PERUBAHAN BERAT BADAN
  • Perubahan berat badan adalah berubahnya ukuran berat, baik bertambah atau berkurang akibat dari konsumsi makanan yang diubah menjadi lemak dan disimpan di bawah kulit. Perubahan berat badan dibagi menjadi:
  1. Berat badan meningkat atau naik jika hasil penimbangan berat badan lebih besar dibandingkan dengan berat badan sebelumnya.
  2. Berat badan menurun jika hasil penimbangan berat badan lebih rendah dibandingkan berat badan sebelumnya.

PENGARUH KB SUNTIK TERHADAP PERUBAHAN BERAT BADAN
  • Pemakaian kontrasepsi suntik baik kontrasepsi suntik bulanan maupun tribulanan mempunyai efek samping utama yaitu perubahan berat badan. Faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan akseptor KB suntik adalah adanya hormon progesteron yang kuat sehingga merangsang hormon nafsu makan yang ada di hipotalamus. Dengan adanya nafsu makan yang lebih banyak dari biasanya tubuh akan kelebihan zat-zat gizi. Kelebihan zat-zat gizi oleh hormon progesteron dirubah menjadi lemak dan disimpan di bawah kulit. Perubahan berat badan ini akibat adanya penumpukan lemak yang berlebih hasil sintesa dari karbohidrat menjadi lemak (Mansjoer, 2003).

EFEK SAMPING METODE KELUARGA BERENCANA SUNTIK TERHADAP PERUBAHAN BERAT BADAN
  • Menurut Hartanto (2003:150) salah satu efek samping dari metode suntikan adalah adanya penambahan berat badan. Umumnya pertambahan berat badan tidak terlalu besar, bervariasi antara kurang dari satu kilogram sampai lima kilogram dalam tahun pertama. Penyebab pertambahan berat badan tidak jelas. Tampaknya terjadi karena bertambahnya lemak tubuh, dan bukan karena retensi cairan tubuh. Hipotesa para ahli: DMPA (Depot medroxy progesterone acetate) merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari pada biasanya.
  • Wanita yang menggunakan kontrasepsi Depot medroxy progesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB suntik tiga bulan, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kilogram, dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu tiga tahun pemakaian, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Medical Branch (UTMB) (Mansjoer, 2003:354). Sedangkan pada kontrasepsi suntik bulanan efek samping terhadap berat badan sangatlah ringan, umumnya pertambahan berat badan sedikit (Hartanto, 2003:158).
  • Efek samping utama pemakaian DMPA adalah kenaikan berat badan. Sebuah penelitian melaporkan peningkatan berat badan lebih dari 2,3 kilogram pada tahun pertama dan selanjutnya meningkat secara bertahap hingga mencapai 7,5 kilogram selama enam tahun. Sedangkan pemakaian cyclofem berat badan meningkat rata-rata dua hingga tiga kilogram tahu pertama pemakaian, dan terus bertambah selama tahun kedua (Varney, 2007:483, 484).
  • Pada dasarnya perubahan berat badan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Secara umum faktor tersebut dapat dibagi atas dua golongan besar yaitu faktor intern dan faktor ekstern (Bindiknakes, 2001:40):
Faktor intern
  • Adalah faktor yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang dan bersumber dari atau pada tubuh itu sendiri. Dalam hal ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu:
1.Usia.
  • Analoginya perkembangan berat badan akan sangat baik pada umur tertentu dan akan sangat berkurang sejalan dengan bertambahnya grafik umur kita.
2.Kejiwaan.
  • Secara tidak langsung aspek kejiwaan (psikologis) juga dominan dalam mempengaruhi kerja metabolisme di dalam tubuh.
3.Hereditas.
  • Kadang-kadang dapat terjadi di dalam suatu keluarga timbulnya sifat dominasi dalam hal menurunkan bentuk fisik keturunannya.

Faktor ekstern
  • Maksudnya adalah semua faktor yang dapat berpengaruh terhadap perubahan berat badan secara langsung dan bersumber dari luar tubuh.
1.Makanan.
  • Aneka jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangat berguna dalam proses pertumbuhan berat badan kita.
2.Lingkungan fisik.
  • Gangguan lainnya secara langsung mempengaruhi berat badan seseorang misalnya luka yang menyebabkan perdarahan berat, kecelakaan yang menyebabkan rusak atau terpotongnya salah satu anggota tubuh kita.

HUBUNGAN ANTARA KB SUNTIK DENGAN PERUBAHAN BERAT BADAN
Efek samping utama bagi beberapa akseptor pemakai kontrasepsi suntik adalah kenaikan berat badan.
  • Bukti menunjukkan kenaikan berat badan selama penggunaan DMPA, hal ini karena dalam kontrasepsi suntik mengandung hormon progesteron dan estrogen. Hormon estrogen merangsang pusat nafsu makan yang ada di hipotalamus.
  • Dengan bertambahnya nafsu makan, karbohidrat yang dikonsumsi dari makanan oleh hormon progesteron dirubah menjadi lemak, sehingga terjadi penumpukan lemak yang menyebabkan berat badan bertambah.

REFERENSI
  1. Arikunto, 2005. Prosedur penelitian dengan pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Binadiknakes, 2001. Elektromedik dan pengembangannya. Edisi No 17.
  3. BKKBN, 2002. Informasi Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: BKKBN.
  4. BKKBN, 2004. Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi: Kebijakan Program dan Kegiatan tahun 2005-2009. Jakarta: BKKBN.
  5. BKKBN, 2005. Unit Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: BKKBN.
  6. Bhuono, 2005. Strategis Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yoagyakarta: Andi offset.
  7. Manuaba, 2002. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana. Jakarta: EGC.
  8. Hartanto, 2002. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  9. Hastono, 2008. Metode Statistik Inferensial. Jakarta: Universitas Indonesia.
  10. Mansjoer, 2003. Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2 Edisi 3. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indoensia.
  11. Notoatmodjo, 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Nursalam, 2003. Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Infomedika.
  13. Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitan Ilmu Keperawatan, Edisi III . Jakarta: Salemba Medika.
  14. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  15. Soedigdo, 2002. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis, Jakarta: Binarupa Aksara.
  16. Sugiyono, 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfa Beta.
  17. Varney, 2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan edisi 4. Jakarta: EGC.
  18. Verralls, 2008. Anatomi dan Fisiologi Terapan dalam Kebidanan Edisi ke 3. Jakarta: EGC
  19. Wiknjosastro, 2006. Ilmu Kandungan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.


    47 komentar:

    1. saya seorang ibu rumah tangga usia 23 thun dan sudah dikaruniai seorang anak yg saat ini msh menyusui.saya menggunakan kb suntik yang triwulan tpi mengapa haid saya jdi terus2an dan tidak teratur ya dok??? walaupun hanya flek2 saja tpi hampir tiap hari dan itu sangat menggagu.mengapa begitu dok???apakah saya tidak cocok??

      BalasHapus
    2. Kalau masih menyusui sebaiknya ibu tidak menggunakan kontrasepsi hormonal seperti suntik, pil, akan lebih baik jika ibu menggunakan kontrasepsi non hormonal seperti IUD. Tentang masalah haid ibu yang memanjang dapat diatasi dengan obat, karena harus dengan resep dokter, sebaiknya ibu mendatangi dokter terdekat

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama yang dialami dengan isteri saya, selain itu asinya tambah sedikit. Bagaimana cara menanganinya dok?

        Hapus
    3. Saya juga dok, haid saya terus-terusan! puasa saya jadi ga karuan deh! Semula sy pakai IUD, dan setelah 6 tahun saya lepas ganti dengan suntikan yang 1 bulan, sudah 8 bulan berlangsung dan hanya sekali pakai yang 3 bulanann. semula haid teratur, tetapi 2 bulan ini haid saya sudah 24 hari belum juga berhenti, bagaimana ini ya dokter....

      BalasHapus
    4. Haid yang berkepanjangan akibat KB suntik dapat dihentikan dengan penambahan hormon estrogen, untuk itu hubungi dokter terdekat untuk minta resep estrogen tsb (preparat estrogen tidak boleh dibeli bebas di apotik, harus dengan resep). Trims

      BalasHapus
    5. Siang dokk
      saya seorang ibu 27 thn, dan di karuniai anak 6 bln,
      sy pengguna KB suntik 3bln dan udh 2x suntiknya,dan sy terus terang sangat takut
      klo berat badan sy akan terus bertambah , karena sy bekerja ya otomatis harus bisa menjaga penampilan.
      sekarang saja sy udh naek 2kg dok, maka sy takut klo di teruskan KB suntiknya akan naik terus.
      pernah berfikir mau ganti KB seperti spiral / IUD tapi takut, hehehe, selain itu jg dari gereja tdk
      memperbolehkan alat2 tsb karena cara kerjanya yg bersifat menggugurkan seperti aborsi,apakah betul dok?
      kira2 saran dr dokter KB apa yg cocok untuk sy ya dok? karena bln okt, masa KB suntik 3 bln sudah habis.
      bingung mau terus di lanjutkan KB suntik 3bln ato ganti KB yg lain...Terimakasih

      BalasHapus
    6. @Anonim: Ibu masih tidak masalah meneruskan ikut KB suntik dengan catatan konsumsi makannya harus dikontrol, artinya jika ada tanda kenaikan BB, Ibu harus mengurangi porsi makan dan menambah gerak. Jika tidak berhasil kami sarankan ikut KB lain seperti Implan (KB susuk), tentang KB spiral kalau ibu ragu sebaiknya menggunakan yang lain. Trims

      BalasHapus
    7. dok, saya ibu umur 31 tahun, anak umur 1,5 tahun.
      saya KB suntik yang 3 bulanan sudah 4x ini.
      2 bulan terakhir ini ngeflek berkelanjutan.
      apakah ini wajar?
      dan apakah ada hubungannya dengan stress? mengingat akhir2 ini dikantor sedang banyak pekerjaan yang menguras tenaga & pikiran.
      terima kasih

      BalasHapus
    8. selamat sore dok,
      saya ibu 27 thn, anak 8 bln, sy mau tanya dok, sudah 1 bln yg lalu sy menghentikan suntik KB 3 bln (harusnya suntik lagi klo mau lanjut, tp sy tdk suntik), tp kok setelah 1 bln berhenti, sy blm menstruasi jg ya dok? apakah itu wajar? kira2 setelah menghentikan suntikan berapa lama ya dok sy bisa menstruasi lagi, dan apakah siklusnya bisa tdk teratur? sblm suntik menstruasi sy selalu teratur. Terimakasih ya dok, mohon penjelasan nya.

      BalasHapus
    9. @Anonim: salah satu efek samping suntik KB adalah berhentinya menstruasi, tetapi itu normal, jika ibu ingin kembali mens, hentikan suntik mKB dan ganti dengan kontrasepsi yang tidak menggunakan hormon, contohnya spital (IUD). tentang batas waktu kapan mens kembali tergantung kesuburan kandungan ibu, jika ingin cepat dapat menghubungi dokter terdekat untuk terapi hormon. Trims

      BalasHapus
    10. saya baru menikah sekitar sebulan yang lalu, dan kami memutuskan untuk menunda memiliki momongan, awalnya saya ingin suntik kb tapi saat saya tanya dipuskesmas katane saya belum boleh suntik kb soalnya belum punya anak dan saya diberikan pil kb, saat nie saya mengkonsumsi pil kb namun saya ingin ganti ke suntik kb yang tiga bulan, kira2 apakah suntik kb trsbt akan berpengaruh kalo suatu saat saya ingin punya anak dok , mohon penjelasannya...

      BalasHapus
    11. Sdr Vie: sebaiknya anda memprogram mempunyai anak dulu, setelah itu baru ikut KB, namun jika belum memungkinkan, pilih KB yang risikonya kecil terhadap kesuburan, misal kondom, IUD atau KB kalender. Trims

      BalasHapus
    12. Dokter yg bijaksana. Saya wanita 19 thn yg brencana akan menikah tahun ini. Karena saya masih kuliah, kami bersepakat tidak ingn punya anak trlebih dahulu. Alat kontrasepsi apa yang tepat utk saya,kelak? tp saya juga tdk ingn menambah berat bdn,krn tuntutan pekerjaan sbgai model juga. Terima kasih dok :)

      BalasHapus
    13. dok..sebulan setelah saya melahirkan saya suntik kb yg 3bln krn masih menyusui...selama 3bulan berat badan saya naik 5kg..stlh itu suntik kb 3bln lg untuk yg kedua...jg naik terus..sampai saya kelebihan beratbadan,mau diet takut asi jd berkurang...kalau misalnya saya menghentikan kb 3bulan dan memakai kondom apakah berat badan saya bisa turun?

      BalasHapus
    14. dok, saya ibu 29 thn,sudah punya 2 momongan,anak kedua baru berumur 3 bln, saya menggunakan suntik KB 1 bulan, saya mau bertanya apakah suntik 1 bulan ini bisa menimbulkan plek2 hitam pada wajah?karena ketika suntik KB sesudah melahirkan anak kedua ini di wajahku timbul plek2 hitam.mohon penjelasannya dok, trims

      BalasHapus
      Balasan
      1. Salah satu efek samping KB suntik adalah timbulnya flek hitam di wajah, untuk jenis 1 bulan, efek lebih minim. Untuk menghindari itu, jangan menggunakan terlalu lama, jadi kombinasi dengan kontrasepsi yang lain. Trims

        Hapus
    15. Selamat pagi dok, saya wanita 19thn. Saya menikah saat berumur 18thn. Dan kami memutuskan untuk menunda mempunyai momongan, karna saya akan melanjutkan kuliah. Untuk itu saya ikut KB suntik yg 3bln. Sampai saat ini saya masih melanjutkan KB suntik 3bln (sudah 4x suntik). Selama ini mens saya tidak teratur trkadang sebulannya dtang cuma 3hari mens n trkadang sblannya full mens (mens'nya sedikit" pula), puasa skrangpun tdak jelas krna mens tidak brhenti" (dan dtangnya sedikit"). Bulan depan masa KB sy habis. Jika saya menggunakan Suntik KB 3bln itu trlalu lama, apa akibatnya ? Apa akan brpengaruh dngan kehamilan saya nanti ?? Karna suami saya meminta untuk stop KB ingin punya momongan. Saya sedikit takut krna org" bilang, bila yg blm pnya anak n lgsung suntik KB 3bln trlalu lama akan sulit hamil karna kering . Saya Mohon penjelasannya ya dok .trimakasih
      Balas

      BalasHapus
      Balasan
      1. @Lestari: Jika belum mempunyai anak, sebaiknya jangan menggunakan kontrasepsi KB suntik terlalu lama (dua tahun) karena bisa mengganggu kesuburan, untuk itu kami sarankan gunakan kontrasepsi yang tidak menggunakan hormon, contoh IUD. Trims

        Hapus
    16. selmaat siang dok,dok saya mau tanya untuk farmakologi dari pennggunaan KB suntik tiga bulanan pada kejadian amenorea itu bagaimana ya dok, mohon refrensinya
      terimakasih

      BalasHapus
    17. malam dokter,saya ibu 23 tahun.setelah melahirkan saya pke suntik kb yang 3 bulan,selama 6 bulan(2x)suntik stiap bulan dpt mens slma 15 hri brtrut-trut.stlah suntik ke3 sampai ke4 (pas1 tahun ini)saya dpat mens 3bulan berturut-turut tidak berhenti (keluar flek trus)walaupun sudah ganti obat.klo pake yang 1 bulan takut mempengaruhi asi saya,apalagi dngan kondisi anak saya yang susah skali makannya.
      apa penyebabnya dokter?apa ada kaitannya dengan penyakit?bagaimana cara mengatasinya?
      mhon pnjlasannya

      BalasHapus
    18. KB suntik berisi hormon, jadi dapat memberi efek samping perdarahan (flek2), untuk mengatasi dapat dibantu dengan obat, tolong hubungi dokter terdekat, kalau belum berhasil dapat pindah ke kontrasepsi yang lain yang tidak menggunakan hormon, seprti IUD. Trims

      BalasHapus
    19. selamat malam dok,saya sudah berhenti menggunakan KB suntik sekitar 3 bulan yang lalu tapi sampai sekarang siklus mens saya belum normal. sekarang ini malah keluar bercak darah(ngeflek)yang hanya sedikit dan terkadang keluar, kadang tidak. apakah itu masih normal atau haruis kensultasi ke dokter kandungan atau bidan? terima kasih

      BalasHapus
    20. Malam dok, saya ibu (32th) dari 2 anak (6th & 3th) baru 2 bln ikut KB suntik 1 bln terus untuk bulan ke-3 saya tdk suntik sampai sekarang bulan ke-4 dikarenakan semenjak ikut KB siklus haid saya panjang yg biasanya hanya 7-8 hari menjadi 12- 14 hari. Pada 3-4 hari terakhir yang keluar hanya flek saja, kenapa bisa begitu dok? apa ini pengaruh hormon KB? kapan bisa normal lg dok krn ini mengganggu ibadah saya, saya mohon penjelasannya dok? terimakasih.

      BalasHapus
    21. ASS.....dok,saya dpasang kb iud kaper T,udah 4bln tp blm menstruasi jg,knp ya dok??dan sy lg menyusui,,apa tu pengaruh dr meneyusui??...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kemungkinan besar Ibu belum menstruasi karena menyusui, kemungkinan lain juga ada misalnya hamil lagi atau gangguan hormon. Untuk memastikan lebih baik Ibu kontrol ke dokter terdekat, untuk memastikan keterlambatan mens Ibu. trims

        Hapus
    22. Sore dok...sudah 16 bulan saya memakai KB suntik..awalnya saya memakai KB suntik yang 1 bulanan, kemudian saya ganti dengan KB suntik 3 bulanan.Berat badan saya mulai awal menggunakan KB suntik selalu naik.Total sampai dengan sekarang sudah naik sekitar 18 kg an.Info saja, saya melahirkan caesar pada mei 2011.adakah saran buat saya, kira-kira KB apa yang cocok buat saya, yang mungkin bisa tidak terlalu berpengaruh dengan kenaikan berat badan dan caesar saya..???trims

      BalasHapus
    23. Sore dok...Saya sudah 18 bulan ini menggunakan KB suntik...Saya variasi antara Kb suntik 1 bulanan dan 3 bulanan.Saya melahirkan secara caesar pada Mei 2011.Selama menggunakan Kb suntik ini saya mengalami kenaikan berat badan yang sangat banyak.Total kenaikan berat badan saya sekitar 18 kg.Apa saran dokter buat saya, soal kontrasepsi yang sebaiknya saya gunakan (saya bekerja sebagai karyawan swasta).Terima Kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Jika masalahnya bertambahnya berat badan, ibu bisa mengatasinya dengan menambah aktivitas dan mengurangi porsi makanannya.Cobalah dan pantau BB nya secara teratur. trims

        Hapus
    24. Malam dok. Saya ibu dari 2 anak (4th n 7bln) sya menggunakan suntik kb 3 bln, sdah 3 kali dan slama 6 bln ni, saya tdak mens sma skali, bdan saya rasanya mudah nyeri, cpek, lelah. Apakah itu trmasuk efek dari suntik kb n jika dtruskan tdak mens apakah akbtnya?

      BalasHapus
    25. dok saya ibu 1 anak msih menyusui (usia 7 bulan) usia saya 23 tahun,sudah 6 bulan ini saya menggunakan kb suntik 3 bulan tapi berat bdan saya malah turun dari 48 kg sekarang 43 kg,kemudian maf saat hubungan vagina saya kadang kering,apa itu artinya saya tidak cocok menggunakan kb jenis ini?perlu dokter ketahui kalau orang tua saya juga kurus,apa penurunan berat bdan sy hanya faktor keturunan saja atau ketidak cocokan dari suntik 3 bulan ini?mohon penjelasannya,,kira2 kb apa yg cocok untuk saya?terima kasih banyak

      BalasHapus
      Balasan
      1. KB suntik tidak menyebabkan BB menurun. BB menurun lebih disebabkan asupan makan yang kurang, ini terjadi karena ibu menyususi, untuk itu saya sarankan ibu menembah porsi makannya, serta harus menghilangkan perasaan tidak cocok KB suntik, hal itu bisa menyebabkan ibu stress, dan strees bisa menyebabkan kurus serta tidak bergairah saat berhubungan badan (vagina kering). Trims

        Hapus
    26. Dok ,
      saya seorang ibu dgn 1 anak ..
      saya memakai kb suntik 3 bulan sejak anak saya lahir ,dan saya tidak pernah lagi mengalami datang bulan (haid) selama 2 tahun ini .
      apakah itu wajar ?

      dan akhir2 ini saya mengalami gejala pusing dan perut sakit ..
      saya kira hnya diare , tp ternyata yg keluar darah segar yg lumayan banyak ..
      saya sudah coba periksa kedokter ,
      dan ternyata bidan yg menyuntik kb 3 bulan lalu salah menghitung tgl suntik ulang ..
      dia menulis tgl 16 agustus , tp kata dokter seharusnya suntik tgl 11 agustus ..
      dan sekarang obat kb sudah rusak ..
      saya kira pusing itu dikarenakan anemia , tp waktu tensi darah 130/90 ..
      dan saya di minta dokter untuk periksa rutin ..
      tp berhubung suami keluar kota , saya tidak bisa pergi kedokter ..
      alhasil sekarang sakit diperut dan pusing dikepala saya semakin bertambah ..
      tubuh saya lemas ,
      menurut dokter apa penyakit yg saya derita sekarang ?
      parahkah , ? dan obat apa yg harus saya minum ..
      terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Jika baru mempunyai 1 anak dan masih berkeinginan untuk punya anak lagi, sebaiknya jangan menggunakan KB suntik lebih dari 2 tahun, karena dapat mengganggu kesuburan, untuk itu saya sarankan ganti kontrasepsi lain seperti kondom atau IUD. Untuk sakit perut dan pusing, kemungkinan gastritis, untuk pastinya periksa ke dokter terdekat. Trims

        Hapus
    27. Dok,saya dulu kb suntik selama 4 tahun program 3 bulan tidak timbul flek hitam,tapi selelah copot kb suntik malah keluar flek hitam,dikarenakan apa tolong penjelasannya dan cara menghilangkannya gimana,terima kasih

      BalasHapus
    28. Mlm dok...saya mau bertanya sblmnya saya suntik kb yang 1 bln,mensnya itu tdk teratur...skrg saya ganti ke kb pil yang terakhir ini saya mens kok g berhenti ya dok,padahal dah 1 minggu lebih...tp dikit2 keluarnya

      BalasHapus
    29. sya mau tanya dok.. qw nikah bulan oktober 2013 ,,dan wktu itu qw ingnin menunda khmilan dan memakai kb suntik 3 bulan slma 2 X .. dan setelah itu bulan maret qw lepas krna sdh brncna ingin cpt hamil,,, setlh qw lepas haid sya bnyak2 seprty seblm qw kb,,, dan qw mngira itu bhwa sya sdh subur ,,, trs puasa qw haid dan stlh hed qw telat slma 2 bln bru hed lgy apa itu sdh lancar atau subur dok kandungn sya trmksh ,, bls

      BalasHapus
    30. dok sya belum punya anak dan sya ikut kb 3 bln slma 2 x di mulai dri okt smpe mart 2013,,, dan setlh itu sya lepas dan haid sya bnyak2 seprty seblm mnggnkn kb,,, dan bln agstus septmber sya tlt 2 bln dn sya bru haid apa itu normal dan sdh subur ,, dan kta orang2 klo haidnya ska tlat ada yang bilang biasanya tanda2 mau hamil apa bnr dok ,, trmksh balas

      BalasHapus
      Balasan
      1. Penggunaan KB suntik 2x tidak mengganggu kesuburan, haid tidak teratur akibat adanya perubahan kadar hormon, Insya Allah nanti akan normal kembali. Trims

        Hapus
    31. brarty sa'at ini sdh subur dong dok sya

      BalasHapus
    32. Sore dr, sya usia 27 th akseptor kb suntik 3 bln sejak anak pertama sya usia 3 bln, Skrg usianya 2 th 9 bln, selama menggunakan kb ini sya tdk mens hanya flek sedikit itu pun jarang, Skrg ingin hamil, nah itu langsung berhenti saja ato perlu pindah cara kb dulu agar dapat mens teratur dulu? Terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Karena sdh 2 tahun pemakaian, lebih baik lepas dulu kalau ingin punya anak lagi, langsung lepas saja tidak perlu pindah kontrasepsi. Trims

        Hapus
    33. Siang dok.mau tnya,,
      aq pake kb suntik 3blan sktar 2,5 th,trs brat bdnku jd naek sktar 13kg,,
      gmn cranya agr bbku trun sprti sblmnya?apa suntik kb 1bln bsa mnurunkan brat bdan?
      mkch

      BalasHapus
    34. Dok saya pakai obat kb 3 bln perut sakit terus dan merinding terus n berat badan pun naik ,apa solusi nya biar gak merinding ....padahal uda ke dokter umum 2 x dalam 2 minggu ....di kasi obat, habis obat, perut sakit lagi ama merinding ...sebaik nya saya harus giman dok minta solusiii
      Makasi

      BalasHapus
    35. dok aku sudah mmkai kb suntik 1 bulan sejak saya nikah slama 2 tahun trus skrg berhenti tapi saya sekarang tidak mens?apa yang mski saya lakukan?supaya mens lagi

      BalasHapus
    36. Dok saya kn menggunakan kb suntik 3bln..terus saya ga haid2.. berat badan saya juga malah berkurang..bukannya suntik kb 3bln cenderung mnjadi gemuk...ko saya malah kebalikannya sih...tolong jelaskan ya dok...makasih

      BalasHapus
    37. Dok saya sudah memakai kb suntik 3bln sejak saya melahirkan anak pertama saya. Sampai sekarang saya memakainya terus saya mensnya dikit2 itu juga mensnya 3bln sekali. Berat badan saya juga berkurang. Kenapa ya bukannya suntik kb cenderung mnjadi gemuk ko saya malah kebalikan nya... mohon penjelasannya dok makasih

      BalasHapus
    38. Pgi dok... saya mau tanya ne. Sya dlu pernah operasi secar dok tp ank sya meninggal nah stelah itu sya menggunakan kb suntik 1bln selama 5kali trs hbis tu sya lepas, trakhir suntik ne desember 2014. Nah mulai januari kmrn sya sudah gk suntik lg dok,tp mens sya sempat telat 2 minggu dok akhirx 13feb 2015 ne sya haid tp sampai skrg kok gk berhenti2 ya dok...kira2 itu knp ya dok??? Mohon info dan saranx ya dok trimakasih dok...

      BalasHapus