PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Rabu, 04 April 2018

JANGAN JANGAN KITA TERMASUK ORANG YANG SOMBONG


JANGAN-JANGAN KITA TERMASUK ORANG YANG SOMBONG

Yan Karta Sakamira
4 April 2018

SIFAT DASAR MANUSIA ADALAH SUKA MEMBANTAH (NGEYEL)

Allah Ta’ala berfirman :

وَكَانَ ٱلْإِنسَٰنُ أَكْثَرَ شَىْءٍ جَدَلً

“Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah”. (Q.S Al-Kahfi: 54).

Membantah merupakan sifat dasar (akhlak) manusia yang tidak baik dan perlu dilatih untuk menghindarinya. Dengan sifat dasar ini, sebagian besar manusia, suka membantah (mempertahankan pendapat) pada saat diingatkan oleh saudara muslim yang lain.

Lebih parah lagi, jika yang mengingatkan itu muridnya, ada perasaan malu jika guru “disalahkan oleh muridnya”,begitu juga jika yang mengingatkan adalah anaknya atau seseorang yang usianya lebih muda dari kita.

Seharusnya, jika kita diingatkan oleh siapapun, jika peringatannya benar, kita harus dengan lapang hati untuk menerimanya sarannya.

ORANG SOMBONG ADALAH ORANG YANG MENOLAK KEBENARAN

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim no. 91)

Jika kita menolak kebenaran, kita termasuk golongan orang yang sombong, dan ingat, tempat orang yang sombong adalah di neraka

Semoga Allah memberikan sifat yang sabar kepada kita dan menjauhkan kita dari sifat sombong. Aamiin

Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar